Friday, June 25, 2010

Kenangan dan musibah hari ini (25-06-2010)

Ini adalah kisah nyata tentang seorang anak manusia (bukan anak monyet) dan teman-temannya mengarungi daratan Curug, Legok, dan sekitarnya pada tanggal 25 bulan Juni tahun 2010 yang penuh derita dan air mata.
PERHATIAN! INI BISA JADI MEMBOSANKAN KARENA SANGAT PANJANG.
Tertarik untuk membaca, gan? Let's cekidot~




Dimulai saat pagi hari.
Karena malemnya gw cuma maen PS ampe jam 10 malem, alhasil gw belom ngantuk dan malah baca novel (boleh minjem dari sodara sepupu yg lagi nginep di rumah gw), dan gw tadi pagi bangun jam 10. Padahal gw janjian ama Arum jam 10 tepat (halah!) di depan sekolah (SD Tarki CR) mau naik angkot bareng ke rumah Lilia. Tepat jam sepuluh pagi (saat gw masih terbuai mimpi tentang Persona), kayak ada yang neriakin gw, (Padahal gak ada yang nereakin)
"WOOOOOYYY!!"
Dan gw langsung bangun. Gw liat jam, bener2 tepat jam 10 pagi. Gw langsung ngacir ke kamar mandi dan lupa bahwa sepupu gw (yang kebetulan ikut tidur di kamar gw) masih terbuai dalam mimpi. Karena terlalu bersemangat ingin mandi, gw kesandung dia (sepupu gw) yang lagi bobok dan HAMPIR jatoh. (Kalo JATOH, kalian pasti ngakak, kan? Makanya gw tulis HAMPIR jatoh, karena emang gak jatoh.)
Buru2 lah gw mandi. Setelah gw mandi, gw telpon Arum.
Kata Arum, adiknya (yang bernama Galih) mau anterin dia sampe ke rumah Lilia (padahal rumah Lilia itu ada di pedalaman Sumatra, eh, Legok). Setelah gw memohon, meminta, dan menyembah2, akhirnya Galih gak jadi anterin Arum ke rumah Lilia. Cuma sampe depan sekolah aja.
Abis nelpon Arum, gw sarapan pake ikan tongkol bumbu cabe ijo (yang tumben gak terlalu pedes), gw langsung cabut taneman di depan rumah gw, eh, cabut pegih ke tanah yang telah dijanjikan bersama seorang pengawal yang diutus untuk membawa pulang motor yg gw pake setelah dipake buat nganterin gw ke depan sekolah.
Di sana, gw dan peneman gw yang setia (namanya Santi) telah menunggu cukup lama sampai sebuah SMS masuk ke hape gw. Bunyinya:
"Yos, u udah berangkat belom?"
Yah, seandainya diriku yang miskin ini punya pulsa, sudah pasti akan ku balas SMS itu seperti ini:
"Gw udah NYAMPE daritadi, kali.."
Sayang gw (dan sialnya, Santi juga) gak punya pulsa. Akhirnya kami hanya menunggu di depan sekolahku tercinta dengan sedikit harapan bahwa Arum akan segera datang bersama tukang ojek pribadi, eh, adiknya yang setia.
Akhirnya setelah penantian panjang penuh keheningan dan kehampaan, gw melihat sesosok mirip Sahrul Khan di kaca spion yang tak lain dan tak bukan adalah Galih.
Tentu saja Arum ada di belakangnya. (Kalo enggak, ngapain Galih ke depan sekolah?)
Gw yang khawatir angkot dari Citra ke Curug sudah dimusnahkan, menyarankan agar Santi pulang dianter Galih sementara gw ama Arum bawa motor gw pergi ke rumah Angel untuk selanjutnya nitip motor di sana, dan meluncur ke rumah Lilia naik angkot ijo.
Santi yang takut melihat muka Galih (yang padahal mirip Sahrul Khan) atau emang dasarnya penakut, tidak setuju dengan usulan tersebut. Setelah gw paksa berjuta2 kali, dia tetep gak mau. Dari kejauhan munculah sesosok mobil Carry berwarna ijo kuning yang bercahaya keemasan seperti mentari pagi yang telah ditunggu sekian abad sebelum subuh tiba.
Akhirnya gw dan Arum naik angkot impian itu.
Breeemmm.. Breeemm.. Breeeemm..
Sampailah di penghujung acara, eh, di penghujung pasar Curug.
Waktunya ganti angkot ijo gede.
Arum yang super lincah sudah berhasil nyebrang, sementara gw yang agak terhambat gerakannya (kalo kata Bayu karena FL, Faktor Lemak) masih cengok di seberangnya menunggu pagi, eh, angkot.
Breeemmm.. Breeemm.. Breeeemm..
Datang angkot ijo. Seperti biasa, abang angkotnya nawarin gw naek angkot, "Ayo, neng!"
Gw tanya, "Ke Gita, bang?"
(Gita adalah nama daerah tempat rumah Angel berdiri, bukan rumah Gita Gutawa).
"Iya, iya. Ayok!" jawab si abang angkot.
Gw nyebrang.
Baru satu langkah gw nyebrang, ada angkot ijo gede laen yang breem-breem di belakang angkot ijo yang tadi mau gw naekin.
"Sini aja, sini aja, neng!" teriak sang kenek (ato sopir, gw juga lupa).
Gw jadi dilema. Tapi ada bisikan setan, eh, malaekat yang nyuruh gw jangan naek angkot yang kedua itu. Akhirnya gw putuskan untuk tetap setia pada angkot pertama yang datang ke hati gw, eh, ke hadapan gw.
Sementara gw sedang berdilema-ria, Arum malah dihadang sang kenek angkot kedua yang ngotot pengen supaya gw ama Arum naek angkot yang kedua.
Gw juga lupa gimana caranya gw ama Arum bisa selamat dari kejaran kenek angkot kedua dan duduk di dalem angkot pertama, yang pasti hati gw udah terasa damai.
Hanya beberapa detik gw merasa damai, si kenek angkot kedua (yang kebetulan masih lumayan muda) dengan gagah berani dan tanpa takutnya menggetok body mobil angkot pertama.
Si sopir angkot pertama (yang kebetulan tidak ber-kenek) tidak terima dan marah, turunlah dia dari singgasanah angkot dan mereka terlibat perhelatan akbar yang amat sengit (untung gak ampe tabok2an n jambak2an) hanya demi Arum dan gw.
Jadilah Arum dan gw diperebutkan oleh cowok2 yang tak lain dan tak bukan adalah abang2 angkot.
Kebetulan, di depan gw ada ibu-ibu (walaupun 'ibu-ibu', cuma ada satu orang) berjilbab. Tu ibu2 bukannya melerai abang2 angkot yang lagi berantem, malah meneyemangati abang angkot pertama,
"Lawan aja, bang! Emang tuh sok jagoan.. Masi kecil aja udah kayak gitu, apalagi gedenya...." (bla3)
Yah, ujung2nya dia malah sok akrab ama gw n Arum. xP
Breeemmm.. Breeemm.. Breeeemm..
Setelah perjalan yang cukup panjang dan berbatu, gw nyampe di rumah Angel. Pas nyetop angkotnya, abangnya lagi bunget alias BUDEG BANGET (mungkin akibat dari perhelatan akbar tadi) sehingga gw ama Arum diturunin cukup jauh (mungkin sekitar 10 meter) dari depan rumah Angel.
Ah, emang gw lagi sial. Itu jalan abis ujan jadinya banyak lumpur depan rumah Angel, dan kaki+sendal+celana jeans gw jadi kotor.
Di rumah Angel, gw poto2 dikit. Hehhehe.. Nih fotonya:



Gw juga mimi 2 gelas air mineral di rumah Angel.
Setelah puas minum, gw kembali melanjutkan perjalanan.
Di depan rumah Angel gw, Arum, n Angel nungguin angkot ijo gede yang tak kunjung tiba.
Udah ujan, becek, gan ada angkot~
Breeemmm.. Breeemm.. Breeeemm..
Akhitnya angkot datang juga.
Breeemmm.. Breeemm.. Breeeemm..
Karena keberatan muatan (Padahal isinya tinggal ber3.. Hehehe..), si angkot berenti di tukang entah apa dan kita disuruh ikut angkot lain. Sialnya, bayar seorang serebu.
Breeemmm.. Breeemm.. Breeeemm..
Gw, Arum, n Angel akhirnya naik angkot ijo gede yang lain. Di sini penderitaan baru dimulai.
Pertama, keneknya tuh super-duper-extra-mega-ultra sok akrab. Bikin eneg.
Kedua, gw dengan tololnya nanya berapa ongkos ke pasar Legok (toko Lilia TEPAT di depan pasar Legok) dan gw (kata Angel) digoblokin ama keneknya karena bayar kemahalan.
Ketiga, tuh kenek bener2 sikek. Teriak di kuping gw~ (Gw duduk tepat sebelah pintu)
Dan keempat, yang bikin gw mau timpukin tuh kenek pake bata, pas Arum ama Angel turun (mereka turun duluan karena lebih memungkinkan daripada gw yang turun duluan) kan mereka kepleset, malah dikatain ama keneknya,
"Makanya, jangan buru2 turunnya.. Jadi kepleset, kan? Kegedean 'kembaran', siih.."
Gw yang denger itu sebagai pelecehan tertinggi terhadap kaum wanita (caileh) langsung buru2 narik Angel dari TKP buat nyebrang ke toko Lilia untuk menghindari pelecehan lainnya. Dan Arum gw tinggalin di TKP. Hehehehehehe..
Gw ngumpet di toko Lilia untuk beberapa detik dan akhirnya menyusuri belantaran Legok untuk mencari rumah Lilia karena adik Lilia (namanya Livenia) tidak berhasil menghubungi rumah Lilia.
Akhirnya sampe di rumah Lilia.
Nyam.. Nyam.. Nyam..
Gw, Angel, n Arum makan ampe snack ampe puas di rumah Lilia. Juga makan es krim. Mulai dari Cornetto Mini yang super nyam-nyam ampe es krim homemade yang super (ehm, maap) gak enak.
Gw, Arum, n Angel jauh2 ke pedalaman Legok bukan cuma untuk main, tetapi lebih untuk mengurus 'seragam' yang mo dibordir. Kemaren, gw udah menyediakan diri untuk ngeprint tulisan yang mo dibordir (pake model tulisan Bradley Hand ITC) tapi Lilia menolak dan mau ngeprint tulisan itu sendiri.
Yah, bagus juga sih. Jadi gw gak repot.
Ternyataaa.... Pas gw tanya mana print-annya, dia bilang belom nge-print.
ASTAGAAAAAA!!!
Gw bilang juga apa! Kemaren tuh gw aja yang nge-print..
Akhirnya Lilia mengeluarkan printer dari lemari dan menyalakan komputer. Tapi entah setan mana atau dukun mana yang sudah menjampi-jampi Lilia, hingga komputernya gak mau nyala. Akhirnya, diputuskan untuk nge-print pake leptop baru Lilia. Sayangnya, printer itu belom di-install di leptop baru Lilia, hingga harus di-install dulu.
Setelah beribu-ribu detik meng-install printer itu, hasilnya adalah nihil. Maka diputuskan untuk nge-print di warnet. Di warnet laknat itu, Lilia padahal cuma nge-print. Tapi lamanya naudzubillah min dzalik~
Akhirnya, mission accomplish. Alias nge-print selesai. Meluncur ke tukang bordir.
Ngeeng.. Ngeeng.. Ngeeng..
Di perjalanan, gw nemuin anak2 bebek yang imut gak tau lagi ngapain di got. Cekidot:



Menurut pakar dan ahli Legok-matika, Maria Helena Lilia Angela, tukang bordirnya itu tidak terlalu jauh dari tokonya (Toko Ko Ali).
Tetapi, yang terjadi justru sebaliknya. Udah jauh, becek, kotor, jijay, maho...

Oh iya, ngomong2 soal 'maho', kalian yang membaca ini harus hati2 jika menaiki angkot ijo gede (yang beroperasi di Curug, Legok, dan sekitarnya) yang memiliki stiker bertuliskan "Maho", eh, "Macho" di depannya. Itu adalah angkot yang keneknya melakukan pelecehan tadi.

Nyampe di tukang bordir, kami langsung disambut meriah ala pelanggan bordir oleh sang tukang bordir.
Bla.. Bla.. Bla..
Tukang bordir bilang Rp.30.000,00 per baju. Jeeeggeeerr~
Bla.. Bla.. Bla..
Setelah mengganti ini itu, warna dan design-nya, akhirnya harganya Rp.22.000,00~
Bla.. Bla.. Bla..
Setelah 'memaki' abangnya dan menghebohkan suasana di tukang bordir, harganya turun jadi Rp.20.000,00
Finally....
DEAL! (Walaupun itu juga masih kemahalan)
Akhirnya pulang lagi ke rumah Lilia (dengan becek2an juga, tentunya).
Di rumah Lilia, langsung kami ber-wudhu karena mau mandi gak bisa tapi kaki rasanya udah kayak sampah siap diamputasi.
Jeng jeng jeng~~
Kita disuguhin makanan yang super nyam-nyam. Bakso, ayam goreng.. Nasi..
Tak lupa dessert (hasil memohon, meminta, mengemis, dan menyembah2 pada tuan rumah) berupa es krim (yang enak boleh beli, bukan yang homemade gak enak) ikut disantap. Tadinya mau diabisin aja, tapi sang tuan rumah takut digigit oleh adiknya yang galak. Padahal, setelah diklarifikasi ulang, ternyata es krim itu boleh diabisin. Hiks.. Hiks.. :'(
Dan gw juga poto2 di rumah Lilia. Cekidot:




Ini agak unik karena Angel sampe ngatain kayak jablay, eh, Dora de esputer.

Setelah menonton Indonesia Open (yang membosankan) selama beberapa detik, Arum mengajak gw untuk pulang karena angkot masuk Citra cuman ada ampe jam 4.
Akhirnya, dengan langkah gontai dan berat hati, gw, Arum, n Angel meninggalkan rumah Lilia.
Saat sedang menunggu angkot, gw baru inget kalo kotak kacamata gw ketinggalan. Alhasil, gw ama sang tuan rumah kembali menyusuri pedalaman Legok menuju rumah Lilia. Setelah dicari2, ternyata kotak kacamata maksiat itu ada di tas gw. Hehehehehehe.. Cacat~
Setelah menerima berbagai hujatan, cercaan, makian, dan hinaan dari sang tuan rumah, gw dan sang tuan rumah balik lagi ke toko (nunggu angkotnya depan toko) tempat dua orang menderita lainnya menunggu. Setelah gw menyampaikan berita bodoh yang super idiot (tentang kenyataan bahwa kotak kacamata gw ternyata ada di tas yang dari tadi nyangkut di badan gw), gw, Arum, n Angel naek angkot.
Bagh~
Ngetem....
Super lambret.
Ngebosenin.
Akhirnya udahan juga sih, ngetemnya. Fiuh~
Baru jalan dikit, abang angkotnya ada urusan ama abang angkot lain. Ngambil kunci apa gituh..
Jiah~
Lama lagi.
Breeemmm.. Breeemm.. Breeeemm..
Angel turun.
"Dadah!"
Breeemmm.. Breeemm.. Breeeemm..
Gw n Arum turun di depan Restoran Bambu Emas. Tapi agak telat gitu nyetopnya, soalnya gw entah kenapa malah ngelamun. Gw ngantuk, abis makan kenyang. Gyahahaha~
Breeemmm.. Breeemm.. Breeeemm..
Angkotnya yang tadi gw ama Arum naikin pergi. Gw ijin beli pulsa (demi menghubungi Santi supaya bisa jemput). Gw beli pulsa yang elektrik, katanya lama masuknya. Gw TERPAKSA menyebrangi lautan mobil yang berbahaya dan mematikan (caileh) supaya bisa beli vocer.
Karena ke-tolol-an gw yang kelamaan di tukang pulsa, kami (Arum n gw) ketinggalan angkot yang masuk Citra. Setelah menunggu lama, angkot dengan corak sama tak kunjung datang dan kami putuskan untuk naik angkot lain sehingga harus dijemput di gerbang Citra.
Breeemmm.. Breeemm.. Breeeemm..
Nyampe di gerbang Citra. Ternyata adik Arum (Sharul Khan palsu) belom bertolak dari rumah walau semeterpun karena motor baru kesayangannya menghilang. Alhasil, Arum marah2 di telpon dan gw hanya bisa ngomong dalem hati,
"Galih.. Galih.. Untuk adek gw gak kayak gitu.."
Hehehehe..
Gw yang sibuk melamun dan menguping pembicaraan Arum di hape, tidak melihat adanya lobang (yang entah buat apa) di jalanan tempat tukang ojek mangkal. Dan, jreng jreng..
Seperti yang telah kalian semua harapkan dari awal cerita, GW JATOH.
Jatohnya tragis lagi. Gw ampe tereak kayak lebay gimaanaaa gituh. Untuk tukang ojek di tekape tidak 'melecehkan' gw (seperti kenek sikek tadi) dan malah 'mengkhawatirkan' gw. Kayak apa aja nih gw, dikhawatirin ama abang2 ojekz~
Oh iya, yang masuk ke lobang itu cuma kaki kanan gw. Alhasil, kaki kanan gw yang daritadi di pedalaman udah becek kena lumpur, makin kotor aja. Mana gw pake jeans. Sepatu gw yang indah juga udah kayak apa, tuh. Ditambah lagi kaki gw. Duh, gila deh! Tangan gw juga lecet. Hiks.. :'(
Setelah memulihkan kesadaran dan keseimbangan, gw jalan lagi. As if nothing happened.
Gw udah liat Santi dari kejauhan dan gw tawarin Arum buat ikut gw aja pulangnya. Gw anterin gituh, maksudnya. Tapi ternyata Arum sudah menitah Galih untuk menjemputnya. Ya udah.
Tak disangka, dan sungguh kejadian langka, gw ketemu Devina.
Devina lagi bareng temen2nya. Katanya abis tanding basket (ato apalah) di Tiga Raksa. Dia tanya gw ama Arum abis darimana. Tadinya mau gw boongin, tapi sebelum otak gw (yang genius) sempet mikir kebohongan macam apa yang akan gw katakan, si Arum udah jujur duluan~ Hehehehe..
Akhirnya setelah ber 'hayhay'-ria n ngomongin reunian (yang ternyata Devina belom tau kalo ada reunian, karena ngakunya belom liat FB dari lama), gw pulang. Padahal gw udah maksa Arum supaya ikut gw pulang karena gw agak kurang yakin sama si kembaran Sahrul Khan. Gw mungkin udah bilang, "Yakin..?" (Yakin gak mau ikut, maksudnya) ratusan kali ke Arum sebelum akhirnya gw bener2 pulang disertai dengan penolakan besar2an.
Dan akhirnya gw pulang, mandi, nulis ini, tapi ngaret berjam-jam karena gw 'sambil' dan karena banyak pihak yang mangganggu ketenangan gw menulis.
Akhirnya, gw udah pegel banget.. (Punggung gw terutama yang pegel)

------THE END------
The end of the story but not the end of our friendship.
Our friendship is everlasting. xD

-----------------------------------------------------------------------------------------
Bonus:

I may not be beside you every day
I may run out of tender words to say
Can’t promise you the world
When all I have is love
Only love

I may not be the one your thinking of
I may not fit your perfect dreams of love
One thing I know for sure
And you can rest assure
My love is always yours

Oh baby
Won’t you look into my eyes and see
Beyond the things I’m not, there’s love inside of me
Just love me for all things I am, love me
The lighter side, the darkest side
Try to love me for everything I am

You, you been inside
You’ve seen the darkest side of me

#For Everything I Am - Christian Bautista#
Download it here

2 comments:

  1. Apa yah??
    Au ah, gelap..
    (W ade dari yg nulis nie cerita..)
    (-_-") (~_~")
    W kurang exist sih..

    ReplyDelete
  2. Gyahahahahahaha...
    -LiLz-

    ReplyDelete

Cercaan Anda sangat bermanfaat bagi saya.