Friday, June 11, 2010

Be Veg. Go Green. Save the Planet?

Akhirnya, setelah sekian lama gw gak bisa online (karena alasan yang dirahasiakan), gw bisa online juga! Hahhahaha.. Udah lama (banget) nih, mau nulis blog.. Kesampean juga akhirnya~

Tentang judul..
Kemaren (tepatnya hari Rabu 9/6) sekolah tercinta gw (halah!) ngadain seminar tentang GLOBAL WARMING (dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar= PEMANASAN GLOBAL)
Nah, di situ gw dikasih tau banyak hal tentang global warming (yang sebenernya 80% dari informasi itu gw udah tau) dan efek-efeknya pada bumi kita tercinta ini.



Judul post ini (BE VEG. GO GREEN. SAVE THE PLANET?) adalah 'motto' pada pecinta lingkungan (tapi 'motto' mereka gak pake tanda tanya).
Berubung tu 'motto' pake bahasa Inggeris (tulisan di samping bisa di-klik), gw artiin dulu deh.. Biar pada nyambung.. Okeh?

*Kata 'be' menurut Kamus Inggris-Indonesia oleh John M. Echols dan Hassan Shadily (kamus keren ini saya pinjam di perpus, tapi saya gak nge-blog di perpus) berarti:
1. (tanpa kata kerja) meliputi: is, am, are, was, were, been
2. ada
3. berada
4. jadi, adalah
5. sedang, lagi
6. sama dengan
Nah, dari enam itu, yang paling cocok adalah nomer 4 yaitu yang 'jadi'.

*Kata 'veg' menurut Cambridge Learner's Dictionary Third Edition (kamus super keren ini saya juga pinjam di perpus, tapi saya gak berarti nge-blog di perpus) berarti:
veg= informal short for vegetables

*Kata 'go' menurut Goggle Translate yaitu:
noun
  1. perjalanan
  2. kesepakatan
  3. kesempatan
  4. kegiatan
verb
  1. pergi
  2. berjalan
  3. berangkat
  4. jalan
  5. naik
  6. berlalu
  7. menjadi
  8. sampai
  9. hilang
  10. meninggal
  11. bangkrut
  12. berbunyi
  13. hancur
  14. menaiki
  15. pai
  16. meninggal dunia
  17. terbentang
  18. menjadi aus
interjection
  1. pergilah
Yah, pokoknya intinya 'pergi'.

*Kata 'green' menurut Cambridge Learner's Dictionary Third Edition (lagi) yaitu 'the colour of grass' alias warna dari rumput alias ijo.

*Kata 'save' menurut Goggle Translate (lagi) yaitu:
noun
  1. tangkapan
verb
  1. menyimpan
  2. menyelamatkan
  3. menghemat
  4. menabung
  5. menabungkan
  6. mengumpulkan
  7. memelihara
  8. memungut
  9. mengiritkan
  10. mempertenggangkan
  11. melindungkan
preposition
  1. kecuali

*Kalo kata 'the' itu gak ada makna. Pemanis aja gituh.


*Planet? Yah planet! Masa kornet..?

>>Jadi, kira-kira artinya adalah:
"JADI SAYURAN, PERGILAH HIJAU, SIMPAN PLANETNYA"

Becanda, becanda..
Jangan ditiru yah, anak-anak..
Arti yang benar (dengan tanpa kamus atau translater lainnya selain otak sang penulis blog) kira-kira adalah:
"JADI VEGETARIAN, TANAM POHON, SELAMATKAN BUMI"

Kenapa jadi vegetarian?
Ternyata, peternakan (penghasil daging sapi, babi, kambing, ayam juga) adalah penyembab utama global warming.

Kok bisa?
Kotoran hewan ternak itu mengandung gas metana yang lebih berbahaya dari CO2 karena memiliki sifat penahan panas sekitar 25x lebih kuat dari CO2.
Nah, gas-gas 'penahan panas' inilah yang membuat bumi mengalami green house effect alias efek rumah kaca. Jadi, gas-gas 'penahan panas' ini biasa juga disebut 'gas rumah kaca'.

Gas rumah kaca itu... jahat, yah?
Hohohohoho.. Enggak, kok..
Pada hakikatnya (caiileeh), gas rumah kaca itu amat sangat berguna untuk menahan panas matahari agar bumi tetap hangat.

Ada tapinya....
Tapi..
Kalo kandungannya di atmosfer terlalu banyak, otomatis panas matahari yang 'disimpan' dalam bumi juga makin banyak. Ini mengakibatkan suhu bumi meningkat alias makin panas aja.
Nah, keadaan dimana bumi kita tercinta ini makin panas itulah yang disebut dengan global warming.

Global warming banyak ruginya!
- Suhu makin naik, es (di kutub utara dan selatan) mencair.
- Es-es itu mencair, permukaan air laut naik.
- Permukaan air laut naik, banyak pulau tenggelam.
- Banyak pulau tenggelam, tempat tinggal berkurang.
- Tempat tinggal berkurang, lahan pangan juga berkurang.
- Banyak orang jadi mengungsi.
- Banyak hewan dan tumbuhan punah.
- Lahan pangan berkurang, makanan langka.
- Makanan langka, timbul semakin banyak kerusuhan dan perang.
- Akhirnya? Manusia deh, yang gantian punah.

Ih, waw....
Yoi, gan.. 'Ih, waw....' itu juga yang gw sebut pas liat seminar di sekolah gw.

Jadi?
Gampang, toh..
Sebagai warga bumi yang pastinya cinta dengan bumi (kalo gak, berarti elu alien), banyak (banget) lho, yang bisa kita lakukan.. Cukup mudah, dan cara-cara itu tersebar luaaaaaaaaaaas banget di internet. Misalnya ini dan ini.

Kalo dari gw asli.. (Hasil pemikiran jenius gw sendiri)
Satu aja nih, cara yang gw anjurin..

JANGAN MAKAN DI HOKA HOKA BENTO, APALAGI YANG PESAN ANTAR!

Ke--kenapa....?
Gak usah alay, luh!
Ada 4 alasan kenapa gw (bukan melarang, tapi menyarankan) agar lu gak makan di sono:

1. Itu restoran Jepang, dan gw benci mampus sama Jepang!

2. Mahal.
>>Salah satu cara untuk menyelamatkan bumi adalah HEMAT. Pokoknya hemat semua. Hemat energi, hemat air, hemat plastik, hemat bensin, termasuk juga hemat duit.

3. Menu di situ rata-rata adalah DAGING.
>>Seperti yang udah gw bilang, daging itu penyebab utama terjadinya global warming.
Semakin laku tu restoran sialan, semakin banyak hewan yang dipotong.
Semakin banyak hewan yang dipotong, semakin banyak hewan yang diternakan.
Semakin banyak hewan yang diternakan, semakin banyak kotorannya.
Semakin banyak kotorannya, semakin banyak gas metana yang dihasilkan.
Semakin banyak gas metana yang dihasilkan, semakin panas bumi kita!
Faham ente..?
Bonus gambar:

4. Kalo lu (dengan segala ke-tolol-an lu) pesan antar Hoka Hoka Bento, itu kan dia pake styrofoam.
Nah, styrofoam itu sangat teramat gak ramah lingkungan karena gak bisa diuraikan oleh mikroorganisme.
Kalo satu kantong plastik butuh waktu sekitar 1.000 tahun untuk bisa terurai, styrofoam ini sifatnya abadi alias gak bisa diuraikan sama sekali sampai kapanpun.

Terus?
Nah, itu baru bahas soal 'BE VEG'nya.

Katanya..
Semua es di kutub utara (diramalkan) akan mencair akhir musim panas 2012.
Apa itu yang namanya kiamat?
Apa tahun 2013 gak bakal ada?
Hanya Allah Sang Pencipta yang tau.
Manusia (dengan segala ke-soktau-annya) hanya mampu meramalkan.

Tentang 'GO GREEN'
Pernah denger 'one person one tree'?
Itu Presiden kita sendiri yang ngomong.
Bayangin, penduduk Indonesia kan ada 230juta-an. Yah.. kita anggep aja yang 30juta itu gak tau diri, gak sayang bumi, ato orang sakit jiwa. Jadi sisanya tinggal 200juta.
Nah, kalo 'one person one tree' alias satu orang satu pohon, ada 200juta pohon di Indonesia! Betapa sejuknya Indonesia~

Pada akhirnya.. SAVE OUR PLANET?
Kalo kita udah jadi vegetarian, udah tanem pohon, udah hemat sumber daya alam, bisa gak sih bumi ini bener-bener selamat?
Kalo cuma satu dua orang, mungkin kurang nge-pek.
Tapi, kalo SEMUA ORANG DI DUNIA ini kayak gitu, dijamin bumi kita ini akan hidup untuk waktu yang masih sangat lama.

Akhir kata gw hanya mampu ngulang judul:
Be Veg. Go Green. Save the Planet.

NB: FYI (yang saya sudah tau adalah kepanjangan dari 'For Your Information'), mulai minggu ini saya tiap hari Selasa dan Kamis jadi vegetarian. Semoga bisa jadi full vegetarian.
Hehehehe.. :)

3 comments:

  1. Gw ga stuju ma causes yg pertama..
    Itu mah diliat secara subjektipp.. T.T

    ReplyDelete
  2. Eh, iye..
    Ane PERTAMAXXXX.... Wwkwkw..

    ReplyDelete
  3. setuju banget gan! ane dukung usaha agan!

    keep up the good mood 0_0

    ReplyDelete

Cercaan Anda sangat bermanfaat bagi saya.